Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About Mancing Asik


Tentang mancingasik.com.png


Pepatah bilang, “tak kenal maka tak sayang”. Logikanya, “tak kenal ya tidak tahu”. Klise sekali, tapi kurang lebih beginilah awal mula kita saling kenal, saat ini di situs sederhana ini.

Secara umum, Mancing Asik dot com merupakan salah satu situs yang membawa kabar atau info seputar dunia memancing. Memancing yang bagaimana?

Menangkap ikan memakai metode modern maupun konvensional yang diaplikasikan ke dalam variasi teknik khususnya melalui media fishing tackle seperti joran, kenur atau senar, snap atau swivel, kail dan umpan.

Informasi mengenai hal ini pun beragam adanya, sudah ada banyak di internet baik melalui media tulisan berupa artikel dan juga audio visual melalui video. Dari sekian banyaknya situs, blog, vlog, forum dan klub lokal maupun mancanegara yang menyebar kabar mancing, sejujurnya bak melihat begitu banyak bintang di langit.

Ingin rasanya jadi bagian dari mereka, duduk bersama, tukar - tukar cerita, berbagi pengalaman, saling kritik mencari solusi sambil menangkap angin pada layar menyusuri birunya air, merajut asa sebelum menepi. Asik..

Potong cerita, sajak ini untuk sobat. Inspirasinya berasal dari atau ketika melihat realitas kehidupan saking seringnya memancing di laut:

Angin dari laut 

Karya: I Gede Suta Kastawan 

Mendesir melancar dan bikin dingin
Merayu daun ranting pepohonan
Menarik air pasang dan surut
Meniup ombak datang dan pergi
Merajut badai dan rasa ngeri

Begitulah laut
Melambai hangat menyambut
Kalanya menitip rasa takut
Namun bak Ibu pertiwi
Tulus ikhlas memberi
Perih luka tidak peduli

Morowali, 2020-07-10

Pesan atau learning message yang ingin disampaikan:

  • kehidupan di laut keras dan penuh tantangan, jadi kalau harga ikan di pasar sama sekali tidak bisa ditawar berarti ikan lagi susah – susahnya didapat; 
  • laut sudah memberi banyak kehidupan, rawat dan jagalah laut dengan baik utamanya dari sampah plastik, pukat harimau atau sejenisnya, bom ikan dan limbah industri; 
  • untuk fisherman dan sobat angler, tetap utamakan keselamatan saat melaut atau memancing. 

Baik, semoga sobat suka sajaknya, sekarang mari berkenalan lebih jauh.

Awal blog ini dibuat pada tahun 2019-12-03, namanya Diari Mancing dengan sub-domain Blogger, tepatnya blogspot.com. Selanjutnya, masih di tahun dan bulan yang sama, berselang sehari setelah itu sub domain diarimancing.blogspot.com beralih nama domain menjadi yang sekarang digunakan situs ini.

‘Kenapa nama domain yang dipilih Mancing Asik?’

“Tidak kepikiran sebelumnya walaupun sangat sering mancing. Memancing itu mengasyikkan dan sepertinya cocok dijadikan nama domain, tapi sebelum itu, nama ini terinspirasi dari jargon, solusi mancing asyik Relix Nusantara”.

‘Apakah punya situs mancing lain selain Mancing Asik dot com?’

“Tidak ada, ini satu – satunya situs memancing yang saya kelola dan coba kembangkan”.

‘Anu, apa itu namanya, biasanya kalau mancing dapat ikan orang biasanya teriak ‘mantap’, kalau Mancing Asik bagaimana?'

“Mancing itu, ‘Asiiik’ (teriak serempak, beramai – ramai)”.

Mengenai tujuan, blog ini dibuat tidak lain sebagai medium pengarsipan sekaligus penyalur hobi, berbagi tips memancing dan info terkait hal – hal berikut:

  • umpan alami maupun buatan; 
  • joran pancing; 
  • senar pancing; 
  • kail pancing; 
  • spot – spot memancing; 
  • info lain seputar asyiknya dunia memancing. 

Jujur sajalah, terlalu naif kalau mengatakan situs ini hanya difungsikan sebagai medium pengarsipan, penyalur hobi, berbagi tips dan info seputar aktivitas memancing semata. Meskipun memang benar tujuan utamanya bukan mengatasi masalah tanpa solusi, tapi bagaimana supaya para pemancing terlebih yang baru dalam tahap memulai kiranya bisa terbantu terkait persoalan atau kendala yang mereka alami.

Di sisi lain, situs ini juga membuka diri untuk menjalin kerja sama dengan pihak atau media periklanan khususnya Google Ads, nampak jelas pada halaman privacy policy. Langkah ini diambil sebagai salah satu upaya mewujudkan keinginan untuk turut serta memberi sumbangsih dalam wujud nyata khususnya dibidang kemanusiaan melalui eksistensinya kelak dan pengembangan situs.

‘Kenapa atau apa alasannya?’

“Aneh rasanya ketika cuma bisa melihat tapi belum bisa berbuat lebih. Ingin rasanya jadi manusia yang lebih berguna lagi. Perasaan yang sama hanya bisa dirasakan ketika mengalami hal yang sama”.

Namun demikian, saya sepenuhnya menyadari hanya berhak berusaha sebaik mungkin sementara hasilnya Tuhan yang menentukan melalui perantaraNya dari berbagai pihak.

Ya beginilah jadinya kalau seorang pemimpi sedang bermimpi. Suka mimpi di siang bolong. Pulas berlayar perlahan mendengkur, “rokk..kiss..,rokk..kiss..”. Walau begitu, mohon doa restu dan dukungannya, semoga bisa terwujud, svaha.

Anda tidak pernah gagal sampai Anda berhenti mencoba. – Albert Einstein 

Website 

  • Template 

Pilihan template yang situs ini gunakan mengusung desain yang tampilannya sederhana saja. Bersahaja namun tetap berusaha memberi mutu. Lebih fokus pada performa utamanya kecepatan, konten dan pengalaman pribadi.

Memang harus diakui, “penampilan itu penting”, tapi seorang desainer industri ada yang bilang begini:

Desain bukan seperti apa dan bagaimana tampilannya, tapi bagaimana efektivitasnya. - Steve Jobs 
Memang betul kalau pernyataan ini bukan cuma persoalan coding, tapi juga pengalaman supaya, ‘it works better’.

Namun ini bisa jadi penyemangat bahwa yang terpenting itu konten, dalam artian ya kualitasnya. Tampilan adalah estetika penunjang sementara pengalaman bisa didapat dengan mencoba seiring waktu. Ketiga – tiganya fundamental, tapi kalau boleh saran, utamakan yang paling penting dulu.

  • Konten 

Sajian konten situs tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pembaca terhadap informasi terkait atau seputar dunia mancing yang mungkin saja tidak sobat temukan di situs – situs lainnya.

Dalam hal ini kami berupaya sebaik - baiknya menyuguhkan konten yang anyar dan kaya sesuai kebutuhan baik yang bersumber murni dari buah pikiran atau pengalaman pribadi ataupun yang disarikan dari sumber atau pakar professional di bidangnya sebagai bahan rujukan.

Namun demikian, jelas disampaikan dalam disclaimer situs atau pasal sanggahan, hendaklah bijak, ambillah apa saja yang kiranya bermanfaat. Selain desain template, situs ini juga menampilkan navigasi yang sederhana untuk memudahkan eksplorasi konten oleh pengunjung. Tersemat peta situs di bagian bawah atau footer template yang memungkinkan konten dengan aneka label bisa ditemukan dalam sebuah halaman.

  • Komentar 

Kolom komentar situs tetap tersemat guna memfasilitasi pengunjung yang ingin memberi tanggapan berupa pertanyaan, saran ataupun kritik sesuai dengan ulasan topik. Jadi, jangan pernah merasa ragu, sungkan, segan apa lagi malu.

Perlu diketahui bahwa tanggapan berupa pertanyaan, saran ataupun kritik akan sangat membantu, lebih dari yang sobat ketahui walaupun faktanya tidak langsung muncul begitu saja tanpa melalui alur moderasi. Ini dilakukan untuk menyaring dan upaya pengayaan informasi melalui kolom komentar yang memungkinkan sobat mendapat tambahan informasi yang berguna. Meski begitu, mohon maaf jika kurang berkenan dan atas ketidaknyamanannya.

Pemilik situs 

Seorang anak, ayah dan suami, bernama lengkap I Gede Suta Kastawan, biasa dipanggil, “Gede Awan”, “Suta”, “Papa Angga”, “Si Cungkring” atau “De” saja oleh kerabat atau para sahabat dalam interaksi sosial sehari – hari.

Masih teringat, Alm. Ibunda dulunya sering memanggil dengan istilah ‘dorot’ kalau sedang kesal. Ini karena saya suka buang angin sembarangan bertubi – tubi tanpa aba – aba.

Bali tulen kelahiran Jembrana 19 Desember 1988. Dibawa atau ikut transmigrasi sekitar umur lima tahun ke Sulawesi Tengah bersama kedua orang tua. Waktu itu masih zaman ‘nda enak’ sobat, jadi otomatis masih sempat merasakan betapa pahitnya rupiah saat itu. Uang Rp.250,00 masih bisa untuk beli nasi kuning di sekolah dasar.

Sejak zaman itu hingga sekarang, keadaan mengajarkan begitu banyak hal utamanya bersyukur dan beradaptasi sebagai penyintas untuk kemudian pelan - pelan mulai menata hidup.

Dulu waktu masih kecil, suka sekali mengail di sungai. Jorannya masih pakai batang bambu berukuran relatif kecil tapi panjang, senarnya pakai bekas benang jahitan pembungkus atau kulit semen, harga kail masih 50 perak per pc. Jadi sepulang sekolah bantu – bantu orang tua cari ikan untuk tambahan lauk, malamnya fokus belajar, bikin PR dari sekolah.

Setelah dewasa lebih gemar lagi mengail entah itu di sungai, muara atau di laut baik memakai metode modern maupun konvensional, memakai umpan buatan atau umpan alami. Di selah – selah waktu senggang menyesuaikan dengan kesibukan, suka bereksperimen dan sesekali meluangkan waktu seharian penuh khususnya di area pinggiran pantai atau dermaga menggoda ikan.

Nah, itulah sekilas info tentang saya sebagai admin situs mancingasik.com. Bagaimana, ada pertanyaan?

Baiklah kalau tidak ada, berarti so far so good ya. Selanjutnya informasi kontak, siapa tahu ada di antara sobat yang malu – malu kalau bertanya di sini. Monggo..

Informasi kontak 

“Apa yang kiranya bisa saya bantu?”

Jangan sungkan – sungkan ya, silakan menghubungi nomor kontak atau mengirimkan pesan via email atau WA untuk informasi lebih lanjut atau terkait perihal lainnya, saya akan sangat senang membacanya dan segera memberi konfirmasi.

Email: suta.igede@gmail.com

Tlp/WA: 0821 9394 6695

Nah, mudah – mudahan informasi ‘tentang kami’ ini kiranya bermanfaat.

Salam satu hobi dari Mancing Asik

Mancing itu, ‘Asiiik..’.

Terimakasih


2 komentar untuk "About Mancing Asik"

  1. Mantap bosq... Lanjutkan... Kole sube ngesap ngae blog bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan sesuai hobi Man, tetep duang ede rendah hati. Suksma sampun simpang bro:)

      Hapus

* Silakan berkomentar sesuai topik;
* No SPAM atau sejenisnya please:)