Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jam Berapa Ikan di Sungai Mencari Makan?

Jam makan ikan liar di sungai.jpg

Jam berapa ikan di sungai aktif mencari makan? Bagi para pemancing mengetahui 'jam makan ikan' itu penting. Tujuannya jelas supaya mereka dapat memilih jam - jam tertentu saja untuk mengail. Ya, efisiensi waktu. Selain itu, mengail saat 'jam makan ikan' berarti peluang untuk memaksimalkan hasil tangkapan semakin besar. Di sisi lain, timing yang benar – benar pas tentu saja relatif sulit untuk dipastikan sebab strike bisa terjadi kapan saja. 

Pada dasarnya, aktivitas atau kegiatan mengail ikan di sungai bisa dilakukan kapan saja, bisa saat pagi hari, siang hari, sore hari, senja kala atau menjelang magrib, saat malam hari atau kapan pun kalian mau atau kalian berkesempatan. Namun dari 24 jam, hanya pada waktu – waktu tertentu strike yang cepat, agresif dan bertubi – tubi terjadi. Nah, jam berapa saja waktu terbaik untuk mengail ikan di sungai? 
  • Pagi hari 
Dahulu ketika masih kecil seingat saya ada yang bilang begini, "Kalau hendak memancing jangan dulu makan, nanti ikannya kenyang". Kemungkinan ini mengisyaratkan jika setelah bangun pagi kita sarapan terlebih dahulu, saat itu ikan juga sedang sibuk mencari makan, dan ketika hendak berangkat memancing ikannya mungkin sudah kenyang. Dengan kata lain 'jam makan ikan' atau waktunya ikan di sungai mencari makan sudah lewat walaupun akan ada – ada saja yang masih sibuk ke sana – ke mari mencari makan. 

Jadi intinya, jangan sampai terlambat memberi mereka umpan terlebih jika targetnya memang mengail ikan – ikan yang rajin, tapi jangan juga terlalu pagi atau subuh, takutnya mereka belum bangun. Saat pagi hari dimulai dari pukul 05:59 a.m akan sangat baik untuk memulai aktivitas mengail di sungai hingga jam 08:59 a.m sebab di kisaran waktu tersebut merupakan waktunya ikan mulai aktif mencari makanannya. 
  • Siang hari 
Siang hari jam 11:00 a.m – 12:59 p.m juga merupakan waktu yang ideal untuk mengail ikan, terlebih jika cuaca dalam keadaan mendung. Awan mendung tipis yang menurunkan hujan gerimis terkadang mampu meningkatkan aktivitas ikan dan berpengaruh pada potensi sambaran yang mungkin saja terjadi. Namun jika cuaca terlalu terik maka sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum berangkat memancing terkecuali jika tempatnya rindang. 

Ikan apa saja yang jam makannya saat siang hari? Ikan mujaer, nila, mujaer-nila, ikan mas, ikan betok, dan ikan tawes adalah beberapa tipe ikan - ikan 'diurnal' yang bisa sobat pancing untuk memakan umpan. Sebagai pengingat, istirahatlah sejenak saat jam menunjukkan pukul 12:00. 

Saat 'jam makan ikan' mujaer, nila atau mujaer-nila mencapai puncaknya, mereka akan dengan lahap menyantap dedaunan terutama daun kangkung jika tersedia dalam habitatnya. Selain daun, ikan – ikan ini juga memakan akar – akar muda kangkung air. Berbeda dengan mujaer yang menyusup ke dalam area tambak atau empang, ikan – ikan ini akan memakan 'Sango – sango', jenis tanaman air payau nelayan tambak yang relatif mirip dengan rumput laut. Selain itu, ikan – ikan ini juga tidak sungkan atau segan membantu bandeng menghabiskan ketersediaan pakan mereka dalam tambak. Karena itu, ikan mujaer tidak diinginkan oleh sebagian besar nelayan tambak atau empang karena dianggap merugikan. 
  • Sore hari 
Pada saat sore hari atau sekitar jam 03:00 p.m – 03:59 p.m sungai atau spot air tawar lainnya biasanya mulai menunjukkan aktivitas ikan yang menjanjikan strike. Ikan – ikan yang berukuran relatif kecil hingga sedang biasanya perlahan – lahan mulai bermunculan untuk mencari makanan. Bersabar dan tetaplah mengail hingga kala senja sebab di saat – saat ini sangat menentukan hasil tangkapan.

Beberapa jenis ikan yang biasanya paling aktif saat siang hari atau malam hari biasanya lumayan agresif saat sore hari misalnya saja ikan boso - boso dan ikan kosa atau betok. Sedangkan ikan gabus ataupun toman relatif kurang agresif dan cenderung bersembunyi. Ikan mujaer, nila atau mujaer-nila akan lebih cenderung mengabaikan umpan. Mereka terkadang mau mendekati umpan tapi tidak mau memakannya. 
  • Senja kala 
Selain pagi hari, senja kala atau saat menjelang magrib di mana serangga kecil – kecil nakal penghisap mulai mencari makan juga merupakan waktunya atau jam – jamnya ikan mencari makanan. Umumnya, saat menjelang magrib sambaran ikan biasanya terjadi sangat cepat, agresif dan bertubi - tubi. Jadi, jika kalian sibuk bekerja sedari pagi hingga sore, maka bersiaplah untuk berangkat mengail saat kala mulai mengalami fase transisi atau setengah gelap yang dimulai sekitar jam 04:00 p.m hingga 05:59 p.m. Pada saat – saat ini, ikan yang biasanya aktif di sungai pada pagi atau pun siang hari juga ada yang ikut mencari makan. Selain itu, ikan – ikan tipe nocturnal akan cenderung lebih atau semakin agresif dibandingkan saat sore hari. 
  • Malam hari 
Malam hari sekitar jam 19:59 hingga jam 22:59 merupakan 'jam makan ikan' tipe nocturnal di mana ikan – ikan jenis ini lebih aktif atau suka keluar di malam hari dibandingkan saat masih pagi, siang ataupun sore hari untuk mencari makanan. Nah, jika seandainya sobat ingin mengail ikan lele, sidat, belut, ikan patin, ikan gabus, toman, bloso atau betutu atau tipe ikan nocturnal lainnya, maka malam hari adalah waktu yang paling ideal untuk memancingnya memakan umpan sebab mereka akan sangat agresif dan cenderung lebih mudah untuk ditangkap. 
  • Kala sempat
Ada kalanya juga ikan yang biasanya agresif pada waktu - waktu tertentu mengabaikan istilah 'jam makan ikan'. Yups, mereka akan memakan umpan kapan saja dan mungkin membuat kita berpikir, " Ah, kayaknya belum waktunya deh ikan ini makan" atau " Ikan ini katanya waktu makannya dari jam sekian - jam sekian, lah ini kok?" Karena tidak tahu persis apa yang ikan pikirkan, maka dalam hal ini saya hanya bisa berasumsi, "Selagi kita sempat memancing maka akan ada juga kemungkinan ikan - ikan yang memakan umpan selagi mereka sempat".

Jadi kesimpulannya, 'jam makan ikan' liar di sungai terbagi ke dalam 5 rentang waktu yaitu saat masih pagi ketika jam menunjukkan pukul 06:00 a.m – 09:00 a.m, saat siang hari pukul 11:00 a.m – 12:59 p.m, sore hari pukul 03:00 p.m – 03:59 p.m, senja kala hingga menjelang magrib mulai pukul 04:00 p.m – 05:59 p.m atau malam hari pukul 19:59 – 22:59 merupakan beberapa alternatif waktu terbaik untuk mengail ikan di sungai. Selain itu, memancing ikan selagi atau mumpung ada kesempatan juga tidak ada salahnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 
I Gede Suta Kastawan
I Gede Suta Kastawan Blogger dan Angler Morowali. Pengelola blog mancingasik.com

Posting Komentar untuk "Jam Berapa Ikan di Sungai Mencari Makan?"