Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Castinger Wajib Tahu nih! Tips Rawat Warna Lure Lebih Awet Tidak Mudah Luntur

Tips Merawat Warna Lure Tetap Awet dan Killer.JPG

Teman – teman castinger pastinya punya lure kesayangan kan.., bohong kalau bilang tidak punya, maaf kalau memang tidak punya. Dibilang lure kesayangan karena setiap kali dipakai casting selalu dapat sambaran, sering dapat ikan. Disayang dan jadi andalan karena memang lurenya sakti😁 

Admin sendiri juga pernah punya, merek dagang Savior 52sd sweet tiger dan Spearhead Ryuki 60s Hokkaido, tapi sudah jadi penghuni dermaga karena tersangkut di mulut ikan dan senar putus. Ya, seperti itulah mancing, mau tidak mau harus diikhlaskan. 

Padahal saking sayangnya, sampai – sampai lebih sering disimpan dalam kotak lure. Jarang dipakai bukan karena tidak bagus, tapi supaya awet dan bisa digunakan di waktu – waktu tertentu saja supaya warnanya tidak cepat pudar atau luntur atau rusak. Kalaupun dipakai paling saat diajak memancing bareng teman - teman castinger untuk menjajal spot – spot tertentu. 

Karena sudah mengalami yang namanya warna lure perlahan luntur dan terkelupas setiap kali dipakai mancing casting, maka mulai muncul pertanyaan, “bagaimana sih supaya warna lure lebih awet dan tidak mudah luntur atau terkelupas?” 

Pastinya ada yang mau jawab, “Disimpan saja, jangan dipakai”. Betul juga sih, tapi itu kalau lurenya mau dijual lagi, bukan dipakai mancing. Setelah mikir bagaimana caranya dan sering coba - coba, solusi yang didapat seperti ini: 

  • Lapisi Cat Lure dengan Clear Pylox 
Ketika membeli lure baru, jangan langsung dipakai mancing, tapi lapisi kembali cat atau warna lure dengan Pylox Clear sebab tidak semua lure dilapisi clear untuk mempertahankan daya rekat dan kualitas catnya. Kalaupun sudah dilapisi clear dari sononya, biasanya sangat – sangat tipis dan sebaiknya dilapisi clear kembali. Caranya bagaimana? 

  1. keluarkan lure dari dalam kemasannya, lalu lepas triple atau single hook dan split ringnya dengan hati - hati; 
  2. bersihkan seluruh badan lure memakai kain atau tisu atau lap kering bersih, lalu ikat lubang senarnya lalu gantung atau cukup memegang bib lure; 
  3. lapisi jari tangan yang memegang lure dengan plastik atau sarung tangan plastik dan jangan lupa pakai masker supaya uap clear tidak terhirup saat melapisi cat lure; 
  4. kocok minimal 30 detik hingga kandungan clear tercampur rata lalu semprot tipis clear ke bagian badan lure, gerakkan ujung sprayer; 
  5. diamkan sebentar hingga lapisan clear agak mengering, semprotkan kembali bagian yang belum kena lapisan clear; 
  6. diamkan lagi sebentar, tunggu hingga lapisan clear agak kering lagi, lalu semprotkan lagi untuk membuat lapisan akhir; 
  7. ikat lubang kenur lalu gantung di suatu tempat, biarkan minimal 30 menit hingga benar - benar kering atau bau lapisan clear hilang; 
  8. pastikan juga tempat menggantung lure bebas dari debu hingga lapisan clearnya benar – benar kering, tujuannya supaya debu tidak ikut menempel; 
  9. terakhir, pasang kembali hook dan split ringnya, selanjutnya lure siap dipakai mancing. 

Sebaiknya jangan melakukan penyemprotan lapisan Pylox Clear pada pagi hari karena tingkat kelembaban udara masih tinggi, lakukan pada siang atau sore hari asalkan cuaca cerah. Selain itu, jangan lakukan penyemprotan lapisan clear di tempat terbuka, lakukan di dalam ruangan agak tertutup yang tidak langsung diterpa angin hingga lapisan clear kering. 

Salah satu ciri lapisan clear benar – benar kering adalah bau atau aromanya sudah tidak tercium lagi. Tujuan menunggu hingga lapisannya benar – benar kering adalah supaya lapisan clear mampu memproteksi lapisan cat lure dengan lebih baik khususnya saat berada di dalam air. 

Penggunaan clear pada cat juga akan membuat warna lure menjadi lebih hidup dan mengkilap. Harga Pylox Clear juga masih relatif murah kalau hanya untuk melapisi cat lure karena bisa dipakai berkali – kali sesuai kebutuhan. Pertanyaannya, ‘Apakah setiap kali beli lure baru harus dilapisi kembali dengan Pylox Clear?’ 

Idealnya sih begitu, tapi begini sob, biar saya cerita sedikit. Dulu waktu pertama beli Savior 52SD Sweet Tiger dan Spearhead Ryuki 60S Hokkaido saya tidak tahu kalau lure ini ternyata sakti dan langsung dipakai begitu saja lalu pada akhirnya rusak dan terakhir kali senar putus dan lure hilang atau tepatnya berpindah tempat, maksudnya dulunya sering ada dalam box lure, tapi sekarang ada di dasar dermaga. 

Selanjutnya kan mau beli lagi nih lure yang sama, nah pada kesempatan yang ke dua, sebelum dipakai mancing atau casting sebaiknya dilapisi dengan Pylox Clear dulu baru dipakai supaya lebih awet khususnya soal warna. Apalagi lurenya sudah ditahu sakti cuma kelemahannya soal warna atau catnya yang cepat sekali luntur dan terkelupas. Paham ya maksudnya? 

Pertanyaan lagi, ‘Apakah tidak pernah pakai lure lain selain Savior 52sd Sweet Tiger dan Sperhead Ryuki 60s Hokkaido gan?’ 

“Akhir – akhir ini, sesuai saran dari teman – teman saya sedang mencoba lure Tornado Deep C 50S warna dominan kuning punggung hijau dan kombinasi warna glittering gold - silver dengan setengah warna merah marun pada bagian punggung dan dadanya. Sejauh ini lumayan sakti sih plus berat bahannya bagus. Selain itu, harganya juga relatif murah, cuma persoalan kualitas cat dan lapisan clearnya saja, tapi kan sudah ada solusinya”. 

Minnow Tornado Deep Sea 50S 6gr.JG

Catatan Penting: 

Kalaupun lurenya sudah tidak baru lagi, tapi kualitas warna dan catnya masih layak dirawat maka sebaiknya dibersihkan dulu dengan sabun cuci atau sabun bayi lebih baik, lalu dikeringkan, kemudian lapisi dengan Pylox Clear. 

Ini supaya cat lure yang sudah mulai pudar tidak semakin pudar, cat lure yang mulai mengelupas karena gigitan ikan dan lain sebagainya tidak semakin terkelupas atau lepas. Baiklah, untuk clear sampai di sini, kita lanjut ke tips berikutnya: 

  • Rajin Dicuci setelah Mancing 
Nah, kebiasan ini memang masih sangat sulit dibudayakan. Kebanyakan teman – teman mancing khususnya yang belum tahu bagaimana merawat lure, setelah selesai dipakai mancing disimpan lalu ditinggal begitu saja. Jadi ya warna lure cepat luntur, parahnya lagi split ring, lubang kenur dan hook lure atau kail karatan, kasihan kan. 

Paling tidak, setelah selesai mancing di laut, lurenya direndam dan dibilas dengan fresh water atau air tawar lalu yang rentan berkarat lapisi lubricant anti karat atau minyak kelapa supaya nantinya kalau mau dipakai lagi cat dan warna masih bagus dan kinerjanya juga tetap bagus. 

Menurut saya pribadi, harga piranti yang mahal sekalipun, kalau rajin dirawat dan bisa dipakai dalam waktu yang lama akan membuat hitungan harga belinya menjadi relatif murah, selain itu, kalau mau dijual lagi tidak bikin harganya terlalu jatuh. 

  • Alternatif lain Clear Pylox 
Sebenarnya rada sedikit malu sih bilang kalau sebelum pakai Pylox Clear untuk melindungi cat lure saya pernah coba menggunakan lem cepat kering karena harganya relatif jauh lebih murah dan warnanya juga bening saat kering, tapi sayangnya kurang begitu bagus walaupun masih bisa dijadikan alternatif pelapis warna dan cat lure. 

  • Kesimpulan 
Walaupun pada dasarnya setiap lure catnya sudah dilapisi dengan clear untuk memproteksi kualitas cat dan daya rekat serta kilapnya, kita juga perlu memberi lapisan clear lagi sebagai proteksi tambahan agar warna lure lebih awet dan tidak mudah luntur setiap kali digunakan untuk memancing ikan. Namun demikian, “Nothing lasts forever” kawan. 

Untuk Pylox Clear, sobat bisa mencoba Nippon Clear, rj London Clear, Carlas Clear, Diton Premium Clear, Sapporo, Samurai 2K01, dan masih banyak lagi yang lainnya. Soal harga, sila cek di kios – kios online. Terimakasih dan selamat mencoba.

I Gede Suta Kastawan
I Gede Suta Kastawan Blogger dan Angler Morowali. Pengelola blog mancingasik.com

Posting Komentar untuk "Castinger Wajib Tahu nih! Tips Rawat Warna Lure Lebih Awet Tidak Mudah Luntur"