Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Modifikasi Lidah atau Bib Minnow Memakai Limbah Botol Plastik


Cara modifikasi lidah atau bib minnow yang patah memakai limbah botol plastik.JPG

Peranan dan pengaruh lidah atau bib pada minnow sangatlah krusial terkait fungsinya dalam merubah tekanan air untuk menghasilkan performa atau kinerja yang diharapkan mampu menarik perhatian ikan terutama saat berada di dalam air dan ketika ditarik saat menggulung senar. Namun bagaimana atau apa jadinya jika lidah atau bib minnow tersebut patah?

Saat memancing, apapun bisa terjadi. Ada kalanya saat melempar lure terdapat bagian senar yang kusut sehingga membuat laju senar pada ring guide tiba – tiba terhenti dan terkadang ada juga saat –saat tertentu di mana kita lupa membuka line roller pada reel saat melempar lure sehingga membuatnya terbentur pada bagian atau permukaan yang keras.

Jika hal tersebut sampai terjadi, warna atau lapisan cat lure kemungkinan bisa tergores, bagian badan lure bisa saja ada yang retak dan kemungkinan terburuknya adalah lidah atau bib minnow bisa sampai patah. 

Mengingat betapa penting peranan dan pengaruhnya, bisa kalian bayangkan bagaimana performa atau kinerja minnow di dalam air dengan lidah atau bib yang sudah rusak atau patah.

Jika sampai patah atau rusak, cara memperbaiki atau jika ingin memodifikasinya sudah pasti ada walaupun setelahnya action minnow tidak akan sama seperti semula. Namun di sisi lain, ada kemungkinan bisa menjadi lebih baik. Tentang bagaimana caranya, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  1. botol plastik bekas; 
  2. gergaji besi; 
  3. gunting; 
  4. sekrup atau baut ulir; 
  5. lilin atau kompor; 
  6. tang; 
  7. kikir atau sejenisnya; 
  8. obeng flat; dan 
  9. lem. 

Botol limbah plastik yang digunakan dalam artikel ini adalah botol selai yang isinya biasa digunakan untuk mengolesi permukaan roti tawar untuk menambah rasa dan aroma sebab warna dan ketebalannya menyerupai lidah atau bib asli bawaan lure minnow. 

Selain itu, penggunaan botol plastik ini juga bertujuan bagaimana supaya limbah botol plastik yang ada sedikit tidaknya bisa dimanfaatkan. Jadi, sobat tidak harus menggunakan botol plastik yang sama.

Gergaji besi akan dipakai untuk memotong bagian botol plastik yang keras, gunting akan memudahkan saat membentuk potongan plastik menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran lidah atau bib minnow. Sumber api untuk memanaskan sekrup yang dijepit menggunakan tang, kikir atau sejenisnya akan digunakan untuk memperhalus tepian bib. Obeng sebagai pemutar sekrup dan lem sebagai perekat.

Tantangan saat memperbaiki lidah atau bib minnow ini adalah mencari ukuran sekrup atau baut ulir berukuran kecil dan ringan, obeng flat yang sangat kecil untuk memutar sekrup dan menyesuaikan sudut bib supaya saat dipasang bisa sama atau mirip seperti aslinya. Baik, mari kita coba:

Langkah pertama 

Cara modifikasi lidah atau bib minnow yang patah memakai limbah botol plastik.JPG

Potonglah bagian lidah atau bib minnow menggunakan gergaji besi. Saat memotong, sesuaikan tingkat kemiringannya dengan garis pembatas pada pangkal lidah atau bib. Kemudian, buatlah lubang menggunakan sekrup ulir berukuran kecil dengan tingkat kemiringan lubang disesuaikan dengan tingkat kemiringan sudut lidah atau bib asli.

Langkah kedua

Masih memakai gergaji besi, belah botol plastik menjadi dua bagian sehingga hasilnya akan nampak seperti pada gambar di bawah ini. Jika tidak punya gergaji besi, sobat bisa menggunakan pemotong plastik atau bisa juga memakai gunting. Jadi sesuaikan saja dengan alat yang ada.

Cara modifikasi lidah atau bib minnow yang patah memakai limbah botol plastik.JPG

Langkah ketiga

Pilih bagian yang ketebalannya sesuai untuk dijadikan lidah atau bib minnow. Mulailah memotong bagian tersebut dengan gunting, sesuaikan ukuran dan bentuk potongannya dengan lidah atau bib minnow. 

Pilih bagian plastik yang ketebalannya bervariasi dalam artian yang akan digunakan pada bagian pangkal relatif tebal dan pada bagian ujung relatif tipis, dan pastikan bentuk serta lebar ukuran kiri dan kanannya seimbang.

Cara modifikasi lidah atau bib minnow yang patah memakai limbah botol plastik.JPG

Langkah keempat

Jika ukuran dan bentuk potongan sudah sesuai seperti yang diharapkan, buatlah lubang dari bagian bawah di dekat area yang akan dijadikan pangkal bib, sesuaikan tingkat kemiringannya dengan lubang pertama. 

Tujuan diletakkannya sekrup ulir di bagian bawah adalah untuk menghindari agar nantinya kepala sekrup tidak berdekatan dengan lubang tempat diikatkannya senar atau dikaitkannya snap pada minnow.

Langkah kelima 

Cara modifikasi lidah atau bib minnow yang patah memakai limbah botol plastik.JPG

Masukkan sekrup ulir mulai dari lubang bagian bawah yang telah dibuat tadi kemudian hubungkan ke lubang pertama yang telah dibuat pada langkah pertama di bagian mulut minnow. Putar kepala sekrup menggunakan obeng sampai lidah atau bib tidak mudah bergeser dari posisinya dan benar – benar kuat atau tidak mudah lepas. 

Jika kesulitan menemukan sekrup ulir berukuran kecil, coba pakai paku yang biasa digunakan untuk menusuk gabus pada 'mading'. Paku jenis ini cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan sekrup ulir.

Catatan:

  • jika memilih paku ‘mading’ sebagai pengganti sekrup ulir, lelehkan handle plastiknya sebelum digunakan; 
  • pegang paku ‘mading’ dengan tang lalu panaskan dengan api pada lilin atau sumber api lainnya; 
  • tusukkan paku pada permukaan yang akan dilubangi, cabut lalu panaskan kembali. Begitu seterusnya sampai kedalaman lubang sesuai dengan panjang paku dan tingkat kemiringan sudut bib yang diinginkan sebelum benar – benar ditancapkan. 

Langkah keenam 

Tetesi bagian pinggir lubang dengan lem dan biarkan sampai mengering. Lalu, tetesi bagian kepala sekrup dengan lelehan plastik yang dibuat dari irisan sisa botol plastik yang ada, biarkan sampai mengering. Irisan plastik yang akan dilelehkan bisa dibuat seperti gambar berikut ini:

Cara modifikasi lidah atau bib minnow yang patah memakai limbah botol plastik.JPG

Langkah ketujuh

Setelah itu, haluskan tetesan plastik yang sudah mengering tadi menggunakan kikir. Selain tetesan plastik yang sudah mengering, haluskan juga bagian tepi bib menggunakan alat yang sama. Setelah itu, untuk tahap finishing, lapisi seluruh permukaan lidah atau bib menggunakan lem yang mudah atau cepat kering. Selanjutnya, minnow siap dipakai lagi untuk diuji coba performa atau kinerjanya. 

Nah, sekarang lidah atau bib minnow yang patah sudah berhasil diperbaiki kembali walaupun action atau kinerja yang dihasilkan tidak akan bisa persis sama seperti sediakala, tapi paling tidak masih bisa dipakai lagi. Kurang lebih seperti itulah cara memperbaiki atau memodifikasi lidah minnow memakai limbah dari botol plastik.

Dari segi kuantitas, limbah botol plastik yang digunakan untuk memperbaiki lidah atau bib minnow yang patah mungkin tidak begitu banyak. Walaupun begitu, semoga saja atau mudah – mudahan cara ini sedikit tidaknya juga bisa membantu mengurangi keberadaan limbah plastik yang ada.

I Gede Suta Kastawan
I Gede Suta Kastawan Blogger dan Angler Morowali. Pengelola blog mancingasik.com

Posting Komentar untuk "Cara Modifikasi Lidah atau Bib Minnow Memakai Limbah Botol Plastik"