Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Treble Hook Tumpul? Jangan Langsung Dibuang, Begini Cara Mengatasinya Sebelum Ganti Baru


Cara menajamkan kembali treble hook yang tumpul.jpg

Mata kail pancing sobat tumpul? Hal seperti ini memang kerap terjadi apalagi kalau hooknya terus - terusan dipakai tanpa diberi sedikit perhatian khusus. Walaupun demikian, untuk mengatasi kail pancing atau treble hook yang tumpul dapat dilakukan dengan cara dan alat yang sederhana saja. 

Salah satu alat bisa dipakai untuk mengatasi mata kail yang tumpul adalah kikir.

Apa itu kikir? 

Kikir yang dimaksud bukan super irit atau pelit, tapi salah satu jenis alat yang bisa dipakai untuk mengasah benda tumpul supaya tajam kembali atau bahasa kerennya disebut sharpener. 

Dalam hal ini, fungsi atau kegunaannya sama dengan batu asah. Selain itu, kikir juga lebih mudah dipegang sehingga mudah digunakan. Dengan ukurannya yang bervariasi, sobat bisa memilih ukuran yang sesuai dengan treble hook yang akan diasah.

Umumnya, sharpener ini tersedia di toko - toko bangunan di sekitar tempat tinggal sobat dan juga bisa dibeli di situs jual beli online dengan kisaran harga yang masih relatif terjangkau. 

Oleh karena itu, kikir bisa dijadikan solusi untuk mempertajam needle (mata) treble hook sobat yang tumpul sebelum menggantinya dengan yang baru. Apa penyebab needle (mata kail) tumpul?

  • korosi; 
  • bebatuan; 
  • karang; 
  • tiram. 

Korosi 

Kalau mancingnya di laut, salt water atau air garam adalah jawaban kenapa treble hook pada lure bisa berkarat. Terlebih setelah selesai mancing lupa dicuci. Karat pada mata kail kalau dibiarkan terlalu lama, bisa membuatnya jadi tumpul karena dempulan karat.

Benturan bebatuan 

Ini bisa terjadi sebab ketika melakukan retrieve apalagi menggunakan lure tipe sinking (tenggelam), maka benturan dengan bebatuan yang ada di dasar air kerap terjadi. 

Hal lain yang mungkin saja terjadi adalah ketika lure tersangkut pada atau dalam celah bebatuan saat casting di bagian pinggir dermaga dan terpaksa ditarik supaya terlepas.

Tiram 

Saat tidak sengaja tersangkut pada kayu yang banyak tiramnya dan ditarik paksa juga bisa bikin needle kail jadi tumpul. Sekedar saran, ketika sobat sampai di spot tujuan khususnya laut dan saat air lagi surut – surutnya, perhatikan area mana saja yang beresiko. 

Harap berhati – hati atau hindari. Apa jadinya kalau treble hook tumpul? Efektivitas treble hook berkurang dan bisa gagal strike.

Kalau sudah tumpul, ini artinya mata kail tidak bisa menancap telak pada fisik ikan khususnya di bagian rahang atau badan ikan. Ini jelas mengurangi efektivitas treble hook, dan yang paling mengesalkan bisa menggagalkan strike yang terjadi. Artinya, ketika dapat sambaran ikannya lepas.

Cara menajamkan mata kail dengan kikir

Baik, mohon perhatikan dengan baik langkah - langkahnya pada penjelasan berikut ini:
  • pegang treble hook dengan tangan kiri dan tangan kanan pegang kikir; 
  • pilih bagian mata kail yang tumpul dan tempelkan kikir;
  • buat gesekan searah saja dengan mendorong kikir ke depan; 
  • pindahkan kikir ke sisi lain mata kail yang tumpul tadi; 
  • ulangi gesekan satu arah sampai bagian yang tumpul tajam kembali. 

Catatan:
  • sebaiknya jangan mengasah mata kail atau pancing atau treble hook terlalu tipis atau runcing sebab lebih rentan tumpul kembali saat kontak dengan bebatuan, karang atau tiram;
  • sesekali, periksalah treble hook atau mata kail kalau sobat merasakan lure berbenturan atau sempat terkait pada celah bebatuan;
  • pilih ukuran kikir yang sesuai supaya selain mudah digunakan, juga praktis dibawa ke mana - mana ketika mancing.

Cara lain sebenarnya ada yaitu dengan memakai ampelas. Namun kalau mata kailnya benar – benar tumpul amplas tidak bisa mengikis material treble hook yang keras terlalu banyak. Selanjutnya bagaimana?

Nah, setelah treble hook tajam kembali, sekarang tinggal mencegah supaya tidak karatan. Caranya bagaimana?

  • pakai jeruk nipis; 
  • minyak goreng; 
  • pelumas; 
  • lapisi dengan cat. 

Jeruk nipis 

Belah jeruk nipis jadi dua bagian, lalu gosokkan mata kail yang sudah tajam tadi atau bisa juga treble hook dilepas dari lure kemudian rendam dengan air jeruk nipis.

Minyak goreng dan pelumas 

Cara berikutnya adalah dengan mengolesi treble hook dengan minyak goreng atau pelumas anti karat. Pelumasnya bisa oli mesin, oli rantai yang masih baru atau sejenisnya.

Lapisi dengan cat 

Lapisi kembali treble hook dengan cat celup atau semprot misalkan saja dengan warna hitam. Dari 4 cara mencegah treble hook sobat berkarat, memakai jeruk atau air jeruk nipis paling saya sarankan. Alasannya sederhana saja yaitu lebih alami. Selain itu, jeruk nipis harganya relatif murah atau bahkan bisa didapat secara gratis.

Jadi, pada intinya saya menyarankan kalau needle atau mata kail sobat tumpul sebaiknya diasah dulu, jangan langsung ‘dilem biru’ (dilempar, beli baru). Selama masih memungkinkan dipakai, pakailah dulu. Semoga membantu.

I Gede Suta Kastawan
I Gede Suta Kastawan Blogger dan Angler Morowali. Pengelola blog mancingasik.com

Posting Komentar untuk "Treble Hook Tumpul? Jangan Langsung Dibuang, Begini Cara Mengatasinya Sebelum Ganti Baru"