Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Ini Harus Kalian Coba Supaya Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Memancing


Tips sehat kalau mancing.jpeg


Baik sobat, kali ini mari kita bahas sedikit tips saat mancing supaya fisik tetap bugar dan sehat, entah mancingnya di laut, muara sungai atau di sungai. Karena biar bagaimanapun selain uji kesabaran aktivitas memancing cukup menguras tenaga terlebih mancingnya mancing casting. Jadi, sebaiknya selalu ingat tips sehat yang satu ini ya.

1. Air minum sehat 

Bawalah air minum untuk berjaga – jaga kalau kita kehausan atau untuk mencegah dehidrasi saat memancing. Pastikan air minumnya juga sehat, salah satunya:

  • air masak; 
  • air mineral;
  • air kelapa muda.

Air masak yang dimaksud adalah air minum yang diambil dari sumber yang bersih dan jernih lalu dimasak hingga matang (100°c). Supaya nantinya setelah airnya diminum selain menyegarkan dan menghilangkan rasa haus juga menyehatkan sehingga aktivitas mancing tidak terganggu.

Air mineral yang sudah dikemas dari pabriknya juga sangat bagus kalau di rumah tidak ada air yang sudah dimasak. Dengan rasa kemanis – manisannya air mineral dapat menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang saat aktivitas mancing sedang berlangsung.

Air dari buah kelapa yang masih muda juga sangat baik diminum sebab selain dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat, air kelapa muda juga memiliki rasa manis alami yang sangat enak, nyaman dan menyegarkan ketika diminum dan pastinya menyehatkan.

Agar lebih praktis dibawa, air kelapa muda bisa disalin ke dalam botol air yang kosong supaya lebih ringan ketika ditaruh dalam tas atau di dalam bagasi jok motor. Ingat, Jangan minum air kelapa muda berlebihan kalau belum makan.

Meminum air kelapa sebelum makan bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala. -
alodokter.

Jadi, sebaiknya untuk berjaga - jaga kalian kehausan atau dehidrasi saat memancing bawalah salah satu jenis air minum yang sudah dijelaskan tadi. Airnya boleh yang dimasak hingga matang, air mineral atau boleh juga air kelapa muda yang penting higienis dan bikin sehat.

2. Makanan/Snack

Saat mancing, kurang baik kalau kita terus – terusan menunda lapar dengan minum minuman manis saja, ada baiknya kalau kita membawa salah satu pilihan makanan berikut sebagai bekal berikut ini:

  • nasi, daging, buah dan sayur; 
  • telur rebus; 
  • wafer, biskuit atau roti; 
  • gula merah. 

Nasi, daging, buah dan sayuran akan sangat baik dijadikan bekal saat memancing terutama kalau spot mancingnya jauh. Sebab selain karbohidrat dan protein, saat kecapean atau lelah tubuh juga butuh kandungan vitamin dari buah dan sayur – sayuran.

Telur rebus juga bisa jadi pilihan kalau lebih suka yang praktis dan lebih cepat disiapkan. Telur tinggal direbus, didinginkan lalu dikemas kemudian simpan di dalam tas. Khusus telur, telur ayam kampung yang direbus setengah matang juga baik untuk kesehatan.

Penyerapan proteinnya lebih baik dan rendah kolesterol. -
doktersehat.

Makanan ringan atau snack seperti wafer dan biskuit atau roti juga boleh dijadikan bekal saat mancing. Sesekali bawalah makanan siap saji atau snack untuk memanjakan leher supaya mancingnya juga semangat.

Gula merah atau aren. Kalau seandainya tidak suka membawa bekal seperti yang disebutkan tadi entah karena alasan apa atau bagaimana, maka gula merah saja sudah cukup. Kenapa? 

Sebab selain kandungan gulanya sangat tinggi, sehingga dapat mengganti karbohidrat tubuh yang terpakai saat beraktivitas. Selain itu, proses pembuatannya juga masih tradisional dan organik.

Cara makannya juga gampang, gula merah tinggal digigit, lalu retakan hasil gigitan tadi dihisap – hisap seperti halnya permen dan ketika sudah sangat kecil kunyah dengan gigi geraham lalu telan. Emm..enak..tapi tetap harus diimbangi dengan minum air secukupnya.

Jadi, di antara nasi plus daging, buah dan sayur, makanan ringan, telur rebus dan gula aren, mana yang lebih sering kalian bawa saat mancing?

Tips 

Selain ingat membawa bekal makan dan minum, hal penting berikut jangan dilupakan:

  • sarapan atau makan dulu sebelum berangkat mancing; 
  • minum air putih secukupnya; 
  • minum multivitamin. 

3. Jamu herbal 

Jamu herbal anti masuk angin tidak ada salahnya dibawa – bawa dan diminum supaya badan tetap hangat untuk mencegah masuk angin. 

Wajib dibawa kalau spot atau lokasi mancingnya di laut dan jika kalian memang rentan masuk angin. Produk herbal ini biasanya mudah didapat di kios - kios atau toko sekitar tempat tinggal kalian. Harganya juga murah.

4. Anti nyamuk 

Olesi bagian permukaan kulit seperti leher, tangan dan kaki untuk mencegah gigitan nyamuk saat mancing apalagi di tempat - tempat yang malaria tuanya terlalu riskan, kecuali kalau memang sobat suka digigit nyamuk.

Pengalaman kalau mancing di sungai, rawa atau danau yang dikelilingi pepohonan atau hutan belantara, akan muncul bentol - bentol dan terasa gatal bekas gigitan nyamuk pada kulit. Kalau seandainya nyamuk tidak berpotensi menularkan penyakit lewat gigitan, saya rasa tidak masalah.

peringatan:


  • jangan lupa cuci telapak tangan untuk mencegah terjadinya keracunan saat makan, minum, dan lain – lain;
  • jangan dioles pada bagian wajah atau area dekat mata.

5. P3K minimal 

Membawa perlengkapan P3K minimal sebenarnya sangat penting sebagai tindakan antisipatif kalau – kalau ada yang tertusuk mata kail, luka gores, tergigit ikan, luka karena menginjak batu atau karang yang tajam atau terkena tiram. Untuk itu, minimal kita sebaiknya membawa cairan pembersih luka, plester luka atau perban dan obat luka saat mancing.

Membawa P3K minimal ini bukannya tidak beralasan. Ada beberapa kasus yang kadang terjadi saat membuka atau memasang kail pada lure casting yaitu jari tangan tertusuk kail.

Salah seorang sahabat angler bahkan ada yang sampai membawa obat pereda rasa sakit untuk mengantisipasi kalau hal serupa sampai terjadi sebab sudah ada yang tahu rasanya tertusuk kail, semoga sobat tidak pernah mengalaminya ya.

Intinya, kesehatan jauh lebih penting dibanding apapun. Jadi, sangat masuk akal rasanya kalau ada angler yang membawa P3K walaupun perlengkapannya masih dalam kategori minim. Tapi paling tidak, ada yang dibawa.

Tips 

Untuk angler yang punya riwayat maag, sebaiknya jangan lupakan hal – hal berikut:

  • selalu sedia larutan gula (alami); 
  • selalu sedia obat maag (kimia); 
  • jangan sampai telat makan;
  • hindari makanan pantangan penyakit. 

6. Perkakas tubuh 

Selain tips sehat saat mancing yang sudah dijelaskan tadi, beberapa hal berikut ini juga perlu diperhatikan sebelum berangkat mancing seperti:

  • baju lengan panjang (biru, putih, merah);
  • topi;
  • kacamata;
  • penutup wajah;
  • sarung tangan;
  • alas kaki;
  • celana.

Baju, usahakan pakai baju berlengan panjang. Selain itu, pilih warna baju yang tidak menyerap sinar matahari tapi yang memantulkan cahaya seperti warna biru, merah, putih. Kenapa? 

Supaya terhindar dari resiko kanker kulit akibat kena radiasi atau panas cahaya matahari berlebih terutama saat cuaca cerah. Saat cuaca mendung, memakai baju hitam boleh – boleh saja.

Merah dan biru merupakan warna pemantul sinar UV terbaik.-DetikHealth.

Kemudian topi, memakai topi warna biru atau merah saat mancing itu perlu apalagi keadaan cuacanya sangat cerah dan terik. Tujuannya supaya panas tidak sampai menembus kulit kepala dan bagian dalamnya termasuk otak.

Kacamata yang dimaksud adalah kacamata hitam untuk menghalau pancaran sinar matahari langsung ke mata. Jadi, jika melihat angler memakai atribut ini, itu bukan cuma untuk gaya – gayaan ya, tapi supaya mata tidak silau jika posisi mancingnya berhadapan dengan matahari.

Penutup wajah yang biasa digunakan saat mancing tujuannya untuk melindungi area wajah khususnya kulit wajah. Selain mencegah kanker kulit, terutama supaya muka atau kulitnya tidak kusam.

Sarung tangan dipakai untuk melindungi kulit pada pergelangan hingga jari – jari tangan dari panas matahari. Hal ini juga bertujuan untuk menambah kenyamanan saat memegang joran dan menggulung senar pancing.

Kemudian alas kaki. Tujuan penggunaan alas kaki tidak lain untuk melindungi telapak kaki dari benda – benda tajam yang mungkin saja terinjak tanpa disengaja sebab saat mancing dan strike kadang kala kita lupa memperlakukan diri kita sendiri dengan baik saking senangnya.

Contoh alas kaki yang bisa di pakai saat mancing yaitu minimal sandal jepit, mereknya terserah yang penting bisa dijepit dan paling baik adalah sepatu. Untuk medan yang sangat sulit dan lembab, sebaiknya pakai sepatu jungle atau boot, tahan air dan bagian telapaknya tebal.

Nah, yang terakhir jangan lupa pakai celana. Pakailah celana panjang seperti training atau jeans supaya bisa berjalan dengan leluasa tanpa risau tergores rumput silet atau rumput pisau atau tertancap duri pepohonan atau semak belukar.

Tips 

Sebenarnya untuk terhindar dari panas dan teriknya sinar matahari saat mancing ada beberapa pilihan yaitu:

  • pilih area atau tempat yang rindang; 
  • mancing saat cuaca mendung;
  • mancing pada sore hari; 
  • mancing saat malam hari.

Jadi kesimpulannya, walaupun pada dasarnya memancing adalah aktivitas yang menyenangkan dan penuh kejutan, kesehatan adalah hal penting yang tetap harus dijaga. Demikian tips sehat versi mancing asik, semoga bermanfaat. Salam mancing asik, "mancing itu, asik".

I Gede Suta Kastawan
I Gede Suta Kastawan Blogger dan Angler Morowali. Pengelola blog mancingasik.com

2 komentar untuk "6 Tips Ini Harus Kalian Coba Supaya Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Memancing"

  1. ini tips buat para pemancing yang mau naik level, ke level pro, soalnya kalau masih level bawah mana ada yang mau bawa anti nyamuk segala sama p3k.heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada baiknya kalau dibawa buat jaga - jaga sob, lagi pula masih masuk akal kan. Selain itu, tindakan antisipatif sama sekali tidak ada salahnya, Jangan sampai sudah kejadian baru tanggap.

      Kalau sudah terjadi baru tanggap, tidak percuma sih tapi terlambat biarpun katanya 'tidak ada kata terlambat' tapi TELAT.

      Tapi sobat saja yang simpulkan sendiri ok:)

      Hapus