Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Casting yang Wajib Kamu Ketahui


Kelebihan dan kekurangan memancing dengan teknik casting.JPG


Sahabat angler pernah tidak dapat gurauan seperti ini, “mancing? Mending ke pasar, lebih cepat dapatnya (ikan)”. Jelas gurauan semacam itu datang dari seseorang yang kemungkinannya tidak hobi mancing atau memang sama sekali tidak suka memancing. 

Kalau dasarnya sudah tidak hobi ya susah menjelaskan betapa memancing itu menyenangkan. Namanya juga tidak hobi mau bagaimana lagi.

Bagi mereka yang memang hobinya memancing, itulah kegiatan yang bisa menghiburnya di saat – saat butuh hiburan setelah bersibuk - sibukan dengan rutinitasnya sehari – hari. 

Menurut saya pribadi mancing adalah sesuatu yang positif kecuali mancing masalah. Kita cari ikan ko bukan cari ribut, kita cari hiburan sambil liburan benar kan sob?

Jadi, yang punya hobi mancing jangan pernah merasa minder ya, selama itu hal yang positif it’s ok kok, no problem. Kalau di antara sobat ada yang bertanya, "Apa saja sih kelebihan mancing dengan teknik casting?"

Kelebihan dan kekurangan mancing teknik casting

Di setiap pekerjaan itu ada tantangan atau plus minusnya masing – masing. Memancing dengan teknik casting juga begitu, kalau ada kelebihan tentu ada juga kekurangannya. Saling mengisi satu sama lainnya. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan memancing dengan teknik casting antara lain, sensasinya, praktis, olahraga, kerja kreatif dan bukan termasuk teknik kuras habis. Sekarang, mari kita bahas satu per satu:

  • Sensasi 

Tujuan mancing setiap orang kan berbeda – beda, ada yang mancing memang tujuannya mencari ikan atau kejar omset seperti halnya nelayan, namun ada juga yang tujuannya sekedar cari hiburan atau sensasi sebagai obat penawar rasa penat, lelah atau bosan karena kesibukan. 

Kalau dapat ikan ya syukur bisa jadi lauk kalaupun boncos ya tidak apa – apa, coba lagi kapan – kapan. Tidak ada mengenal istilah kapok, sama sekali tidak, no, nehi.

Khusus untuk angler yang memang sudah merasakan strike dengan piranti ultralight atau light casting atau spinning coba tanyakan mereka bagaimana rasanya saat strike, pasti jawabnya “Mantap!” atau “Mantul”. 

Kebanyakan seperti itu. Jadi, untuk mendapatkan sensasi mancing yang luar biasa memuaskan ketika strike, casting adalah pilihan yang tepat untuk kawan – kawan yang sedang mencari solusi sensasi mancing lebih dari sekedar hiburan. Dijamin bisa bikin ketagihan.

Bagaimana tidak, joran yang dipakai kisarannya 1 – 3 lb atau 2 – 6 atau bisa juga 2 – 8 lb (casting atau spinning) pokoknya super ringan dan lentur. Ikan kecil saja strikenya bikin deg -degan, apalagi ikan besar. 

Sensasi lengkungan joran, teriakan reel dan tarikan ikan dirasakan dan didengar secara bersamaan. Di situlah sensasi yang membuat rasa luar biasa senang dan bahagianya itu tidak bisa dibeli dengan apapun.

Selain itu, mancing pakai umpan hidup atau mati seperti udang atau ikan kan wajar kalau strike, tapi kalau pakai umpan buatan lantas bisa strike, waduh serasa gimana gitu asiknya. “Kok bisa? Atau ini ikan pada kenapa ya?” Kira – kira begitu gumam dalam hati tapi senang sekali.

  • Lebih praktis 

Memancing dengan teknik casting relatif lebih praktis dibanding bottom fishing atau teknik dasaran sebab tidak perlu membawa ikan atau udang real entah itu hidup atau mati sebagai umpan, cukup dengan membawa lure atau minnow, spun atau metal jig dengan ukuran box umpan yang jauh lebih praktis dan minimalis.

Kalau bottom fishing kualitas umpannya perlu dijaga dari sinar matahari langsung supaya tidak rusak atau cepat membusuk kecuali mancing dasaran saat malam hari, memakai umpan buatan tidak perlu kuatir tentang hal itu. 

Aktivitas mancing tidak terhambat ketika lupa membeli umpan di pasar sebab umpan buatan bisa dipakai berkali – kali. Kapanpun tetap bisa memancing sebab lure atau minnow selalu siap sedia.

Selain itu, joran ultralight sekarang ini ada yang sudah dirancang lebih praktis ketika hendak dibawa untuk keperluan mancing ke luar kota. Jorannya biasa bisa dibagi ke dalam beberapa pieces atau sambungan. Jadi, kalau ada yang lebih praktis kenapa tidak?

  • Olahraga 

Teknik casting masuk dalam kategori sport fishing atau olahraga mancing. Jadi, untuk berolahraga itu tidak hanya bisa dilakukan dengan jogging, senam pagi, angkat beban, sepak bola, bola volley, sepak takraw, basket, bulu tangkis, tenis meja dan sebagainya tapi kita juga bisa berolahraga melalui seni mancing yaitu dengan teknik casting.


Selain itu, saat casting apalagi ketika melihat banyak ikan berlarian kemudian loncat – loncat karena dikejar ikan besar pastinya akan memacu semangat sehingga olahraga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Dengan kata lain, teknik casting adalah teknik mancing yang aktif bukannya pasif seperti halnya mancing dasaran.

Disebut aktif karena cenderung menjemput ikan dengan konsisten melempar dan menarik umpan dengan variasi trik untuk mendapat sambaran. Oleh karena itu, tentu saja kawan - kawan kemungkinan akan merasa lelah atau capek ketika menerapkan teknik ini. 

Namanya juga sport fishing, tapi cepat atau tidaknya tergantung cara atau trik – trik yang sobat lakukan serta penggunaan piranti yang sesuai.

Piranti sesuai yang dimaksud adalah ketika casting atau spinning sebaiknya gunakan joran khusus casting atau spinning untuk memaksimalkan jarak dan akurasi lemparan dengan ukuran reel yang sesuai misalkan ukuran reelnya 800, 1000, 2000 atau 3000an. 

Tipsnya supaya tidak cepat kelelahan atau capek saat casting atau spinning adalah piranti seperti joran dan reel ringan dan slow retrieve sesekali. Santai saja kawan:)

  • Kerja kreatif 

Entah kawan – kawan menyadarinya atau tidak ketika nonton video aktifitas mancing atau tips – tips casting di sebuah vlog yang sudah ada iklannya, sampai - sampai sobat rela menunggu iklannya selesai tayang baru bisa ditonton videonya termasuk ekonomi kreatif atau tidak? 

Iya benar. Teknik casting bisa dijadikan sebagai sumber income tambahan kalau kita kreatif. Pandai memanfaatkan hobi supaya bisa menghasilkan.

Jadi, kita bisa membuka kesempatan kerja untuk diri kita sendiri terlebih dulu lewat video acara atau tips – tips memancing khususnya casting. Kemudian kita juga bisa membantu orang lain misalnya nelayan. Caranya bagaimana?

Selain riview lure, joran, reel dan senar dalam video mancing termasuk juga strike yang dipertontonkan di dalamnya, di akhir video kalau kita menyusuri spot dengan perahu kita bisa menampilkan nama pemilik perahu serta nomor yang bisa dihubungi untuk menjaga kemungkinan ada angler lain yang ingin casting di spot yang sama. 

Jadi, lewat casting selain kita bisa dapat hiburan dengan sensasi luar biasa, juga bisa jadi kerja kreatif diakhir pekan. Anggaplah hiburan sekaligus kreativitas.

  • Bukan teknik kuras habis 

Sama halnya dengan mancing teknik dasaran, mancing casting bukan teknik yang mengedepankan mindset atau pola pikir sapu bersih atau menguras habis populasi ikan seperti halnya pukat harimau, racun atau bahkan bom ikan. 

Pukat harimau, racun apalagi bom ikan bisa merusak habitat alami ikan. Kalau habitatnya rusak, ikan susah didapat. Siapa yang rugi?

Pertama jelas nelayan, kedua para pemancing termasuk saya sendiri dan perusahaan yang bikin peralatan memancing. 

Kalau seandainya sudah tidak ada ikan, apa yang mau ditangkap atau dipancing coba? Dan kalau seandainya sudah tidak ada para nelayan dan para pemancing, untuk apa perusahaan atau orang membuat peralatan untuk menangkap ikan?

Nah oleh karena itu, bagus sekali ketika memancing dengan teknik casting ini hidup kembali. Untuk apa? Supaya perlahan - lahan kita juga bisa belajar memanfaatkan sumber daya ikan eh alam maksudnya untuk keperluan jangka panjang. Sebab masih ada hari esok. Selebihnya, supaya yang lainnya atau generasi mendatang juga masih bisa menikmati apa yang sudah alam sediakan.

Kenapa tidak disebut sebagai teknik kuras habis? Ya itu tadi, kalau benar - benar memahami apa itu mancing casting, dapat ikan berukuran masih kecil dilepas lagi atau istilahnya disingkat C&R (Catch and Release) supaya ikan tetap lestari. Dapat beberapa ekor ikan berukuran sedang atau besar cukup untuk dijadikan lauk.

  • Kekurangan teknik casting 

Hal yang paling mencolok kalau ingin naik kelas ke teknik casting adalah harga tackle set casting itu sendiri. 

Sejauh ini boleh dibilang masih relatif atau tergantung tingkat kepuasan tiap - tiap orang. Dalam hal ini kalau soal harga, dibilang murah ya murah, mahal ya mahal. Jadi, tinggal sesuaikan saja dengan keperluan dan budget yang sobat miliki.

Selain itu, saat memancing, segala kemungkinan bisa terjadi seperti halnya senar bisa putus akibat tersangkut, tergesek karang saat fight dengan ikan yang memungkinkan angler bisa kehilangan umpan atau lure. Belum lagi joran bisa saja patah jika belum terbiasa menggunakan piranti ultralight atau light casting.

Jadi kesimpulannya, teknik casting (fishing) adalah jawaban bagi sahabat angler suka sensasi memancing yang luar biasa menyenangkan. 

Selain lebih praktis, teknik casting juga tergolong dalam kategori sport fishing sehingga kawan – kawan juga bisa sekaligus berolahraga sembari menghibur diri dengan cara yang lebih seru.

Kelebihan lainnya yaitu selain ada peluang bisa membawa pulang ikan hasil pancingan, jika tertarik, teknik casting juga bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan baik itu melalui situs atau web, bisa juga melalui vlog dengan membuat video atau review alat memancing dan lain – lain. 

Pada dasarnya, teknik memancing ini perlahan - lahan mengajarkan kita untuk mengambil secukupnya dari alam sesuai kebutuhan, bukan kepuasan.

I Gede Suta Kastawan
I Gede Suta Kastawan Blogger dan Angler Morowali. Pengelola blog mancingasik.com

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Teknik Casting yang Wajib Kamu Ketahui"