Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Panjang Shock Leader yang Tepat untuk Casting?


Berapa seharusnya panjang shock leader?.JPG

Berapa panjang shock leader yang tepat untuk casting? Untuk teknik UL (Ultralight) atau casting peran atau fungsi leader boleh dibilang penting sekali, tapi bukan berarti harus dipakai. 

Sesuai dengan namanya shock leader adalah senar samar yang biasanya disambungkan dengan senar utama di mana di ujung leader umpan atau kail pancing diikat dengan knot atau simpul tertentu. Kenapa disarankan pakai leader?

  • untuk meredam daya hentak ikan;
  • supaya umpan terlihat natural saat beraksi;
  • tidak mudah terpotong saat bergesekan;
  • lebih tahan gigitan;
  • gulungan senar PE bisa lebih panjang; dan
  • memaksimalkan performa dan jarak lemparan.

Selain yang sudah disebutkan tadi, hal - hal lain terkait tentang shock leader juga coba saya bahas di sini sebagai tambahan diantaranya:

  • keuntungan pakai leader fluorocarbon;
  • ukuran senar PE dan shock leader ideal;
  • cara lain menghubungkan PE dan shock leader;
  • knot sambungan terbaik versi mancing asik;
  • keuntungan memakai leader panjang dan pendek;
  • kapan sebaiknya memakai leader panjang atau pendek; dan
  • panjang leader ideal.

1. Meredam Hentakan Ikan

Penggunaan leader akan sangat membantu dalam meredam daya hentak ketika fight dengan ikan sebab shock leader memiliki daya elongasi atau memanjang ketika ditarik dengan beban melebihi batasnya sedangkan senar PE tidak.

Ketika ikan berontak dan berusaha melarikan diri apalagi ikannya berukuran lumayan besar, maka kemungkinan adanya hentakan itu tetap ada. Di sinilah leader memainkan perannya meredam hentakan sesuai persentase elongasi yang dimiliki.

2. Action Lure lebih Natural

Dengan tingkat kesamarannya shock leader juga membantu agar umpan terlihat alami saat beraksi di dalam air dan pastinya akan lebih baik dibanding memakai senar PE tok.

3. Tidak Mudah Terpotong saat Bergesekan

Tempat sobat mancingkan tidak selalunya bebas dari kayu - kayu, batu - batu tajam, tiram atau karang dan sebagainya. Jadi, memakai leader bisa mengurangi kemungkinan tali atau senar terpotong kalau seandainya bergesekan dengan bebatuan tajam, tiram yang melekat pada kayu ataupun saat bersentuhan dengan karang di dalam air, terlebih saat strike.

4. Lebih Tahan Gigitan

Sobat pastinya sudah tahu kan kalau ada banyak jenis ikan di laut, lebih banyak ketimbang di sungai atau di danau pastinya. Salah satunya adalah jenis yang bergigi tajam seperti kerapu batu, barakuda, tenggiri, tuna gigi anjing dan lain - lain.

Dalam hal ini, tentu saja jenis leader yang dipakai juga disesuaikan dengan target ikannya. Misalkan kalau mancing tenggiri atau barakuda leadernya bisa pakai wire line atau labrang. Walaupun pakai fluorocarbon dan kebetulan dapat ikan jenis ini, sering - seringlah cek atau periksa leader kalian apakah perlu dipotong atau tidak.

5. Menambah Panjang Senar dan Long Cast

Selain itu, penggunaan leader juga memungkinkan angler memakai PE berukuran mikro untuk memaksimalkan performa dan jarak lemparan. Ultralight kan maksudnya super ringan, dari joran hingga reel nya dan setiap joran punya kapasitas reel yang berbeda.

Misalkan ada joran yang ukuran maksimal reel nya 2000 atau 3000 an, jelas kapasitas tali yang bisa ditampung kan juga terbatas apalagi dengan diameter 30 – 40an mm. Nah, bagaimana caranya supaya gulungan senar reel lebih panjang tapi kuat.

Kemungkinan pilihannya PE mikro, tapi PE tidak mempunyai daya elongasi yang suatu ketika sobat berhadapan dengan ikan besar, saat berontak memberi hentakan PE bisa lebih cepat putus. Solusinya apa?

Ya pakai shock leader. Kalau bisa yang fluro carbon. Dengan begitu otomatis plusnya nambah lagi jadi plus – plus. Sudah gulungan senar PEnya bertambah panjang, bisa long cast pula.

Keuntungan Memakai Leader Fluorocarbon:

  • penyerapan air lebih sedikit dari massa jenisnya;
  • lebih tahan abrasi atau gesekan dibanding coating jenis lain;
  • lebih tidak kelihatan dalam air.

Note:
Indeks bias air = 1.34, indeks bias fluorocarbon = 1.42, indeks bias coating lain (nylon) = 1.58. Semakin mendekati indeks bias air berarti semakin baik tingkat samaran leader dalam air atau semakin tidak kelihatan.

Kekurangan Memakai Leader Fluorocarbon:

  • tingkat elongasinya masih kalah dengan jenis leader yang lain seperti nylon;
  • kekuatannya melemah ketika dihubungkan dengan simpul atau knot dibanding leader lain seperti nylon;
  • ukuran leader yang lebih kecil dibanding senar utama atau PE bisa terpotong karena belitan knot;
  • itulah kenapa selalu disarankan memakai leader paling tidak lebih kuat atau dua kali lipat lebih kuat dari pada PE.

Berapa Ukuran Senar PE dan Shock Leader yang Ideal?

Ini sebenarnya sudah banyak dijelaskan di banyak media atau situs mancing dan tadi juga sempat disinggung sedikit. Ukuran atau power senar leader umumnya disarankan 2x (dua kali) lebih kuat dibandingkan senar PE.

Tapi sebelum menentukan ukuran atau kekuatan leader, saya sarankan sobat untuk melihat ukuran minimal dan maksimal senar PE yang tertera pada joran. Misalkan pada joran tertera nomor PE 0.4 (5kg) - 0.8 (7kg). Ini berarti sobat disarankan memakai PE ukuran 0.4 dan paling besar 0.8. Ukuran 0.6 (6kg) juga bisa. Selanjutnya, tinggal gandakan saja kekuatan senar PE tadi, berarti:

  • PE Nomor 0.4 berkekuatan 5 kg maka ideal leadernya berdiameter 0.10 mm atau berkekuatan 10 kg;
  • PE Nomor. 0.6 berkekuatan 6 kg maka ideal leadernya berdiameter 0.12 mm (12 kg);
  • PE Nomor. 0.8 berkekuatan 7 kg maka ideal diameter leadernya 0.14 mm dengan breaking strength 14 kg;
  • PE Nomor 1.0 berkekuatan 8 kg maka ideal leader yang digunakan berkekuatan 16 kg;
  • PE Nomor 1.5 berkekuatan 10.5 kg maka ideal leader yang digunakan berkekuatan 21 kg;
  • PE Nomor 2.0 berkekuatan 12.3 kg maka ideal leader yang digunakan berkekuatan 25 kg;
  • PE Nomor 2.5 berkekuatan 14.1 kg maka ideal leader yang digunakan berkekuatan 28 kg;
  • PE Nomor 3.0 berkekuatan 16.8 kg maka ideal leader yang digunakan berkekuatan 33.6 kg;
  • PE Nomor 3.5 berkekuatan 18.2 kg maka ideal leader yang digunakan berkekuatan 36 kg;
  • PE Nomor 4.0 berkekuatan 19 kg maka ideal leader yang digunakan berkekuatan 38 kg; dan begitu seterusnya.  

Namun demikian, untuk joran dengan ukuran 0.4 - 0.8 saya pribadi memakai ukuran PE 4.0 dengan diameter leader fluorocarbon 0.43 mm. Kebesaran?

Memang iya, tapi masih sangat efektif, rate strikenya masih sangat bagus dan serasa confident saat strike. Hanya saja reel dengan ukuran 800 yang saya pakai tidak bisa menampung senar cukup panjang.

Selanjutnya saya akan coba PE Nomor. 2.0 dengan ukuran leader yang masih sama 0.43mm untuk uji coba. Sekedar saran untuk sobat, untuk joran dengan spek senar 0.4 - 0.8 sebaiknya memakai reel berukuran 1000 atau maksimal berukuran 2000.

Knot Sambungan

Kalau mau pakai leader, paling tidak sobat menguasai beberapa simpul atau knot untuk menghubungkan senar PE dan leader, minimal satu. Untuk pilihan simpul, Relix knot adalah yang paling saya sukai. Ada perasaan aman kalau pakai simpul ini. Biarpun tidak sehalus FG knot, selama bisa mengakalinya supaya tidak sampai masuk ke ring guide joran saat mancing, sama sekali tidak masalah.

Cara Lain Menghubungkan Senar PE dan Shock Leader

Kalau sobat kurang begitu suka memakai simpul atau knot untuk menghubungkan shock leader dan PE, sobat bisa mengakalinya dengan memakai kili - kili atau swivel seperti yang nampak pada gambar di bawah ini:

Cara lain menghubungkan senar PE dan leader dengan swivel.JPEG


Cuma problemnya, saat sobat menggulung senar dan tidak sengaja mengenai top ring guide joran, bisa fatal akibatnya. Bisa merusak atau bikin retak keramik ring guide bagian atas joran. Jadi harap berhati - hati. Selain itu, pemakaian swivel dengan ukuran yang kurang tepat bisa memengaruhi action atau cara kerja lure.

Misalkan berat lure 3.2 gr sedangkan kili - kili yang dipakai untuk menghubungkan PE dan shock leader sizenya 3/0 kekuatan 100 kg. Ini menurut saya kurang ideal. Ideal versi saya pribadi untuk lure 3.2 gr, kili - kilinya berkekuatan atau breaking strengthnya kurang lebih 3 kg supaya balance atau imbang, tapi pastikan kuat. Jangan sampai saat strike, kili - kilinya malah jebol atau lepas.

Ciri - ciri swivel yang berkualitas biasa jumlahnya sangat sedikit (3 pcs/kemasan). Isinya cuma 3, tapi harganya..ya relatif.

Kembali ke fungsi leader. Selain 5 poin tersebut, fungsi leader sebagaimana dilansir dari saltwatersportman George Poveromo mengatakan bahwa:

Tujuan mendasar dipakainya shock leader adalah supaya senar utama terhindar dari gesekan atau kontak dengan rahang atau badan ikan.
Kemudian pertanyaannya, "Apakah kalau begitu saya harus atau mesti pakai leader gan?"

Kembali saya tegaskan, senar leader kalau dibilang penting ya penting, perlu ya perlu, tapi bukan berarti sobat harus memakainya. Kalau memang merasa tidak perlu pakai leader itu sah - sah saja. Tidak ada masalah. Lanjut..


Berapa Seharusnya Panjang Leader?


Berapa seharusnya panjang leader?JPG

Untuk panjang senar leader, pada dasarnya tidak ada batas ketentuan minimum dan maksimumnya. Kalau berdasarkan pengalaman pribadi, panjang leader yang biasa saya pakai kisarannya 2 feet atau setara dengan 60.96 cm sampai dengan 3 feet atau kurang lebih 91.44 cm.

Lebih sering terpakai yang 61an cm. Tapi panjangnya tidak juga selalu tepat, bisa kurang atau lebih – lebih sedikit. Memang relatif pendek. Tujuannya supaya knot atau sambungan tidak sampai melewati top ring guide joran, kenapa?

Pernah kejadian saat mencoba leader ukuran panjang, saat digulung sampai melewati beberapa ring guide. Benar knotnya halus tapi ketika melakukan lemparan tetap ada gesekan. 

Setelah banyak kali lemparan, tanpa memperhatikan knot yang sudah sering bergesekan di ring guide, saat itu saya melempar tanpa rasa ragu. Akhirnya lure terlempar jauh sekali dan tidak kembali lagi. Setelah diperiksa ternyata knotnya terbuka.

Panjang Leader Menurut  para Angler

Khusus panjang leader, dilansir dari beberapa sumber salah satunya saltstrong oleh Luke Simonds menyatakan bahwa:

Tidak ada batasan panjang atau pendek untuk shock leader, tapi kisaran umumnya 1 – 3 feet.
Kalau di konversikan ke dalam satuan cm sama dengan 30.5 – 91.5 cm atau kurang lebihnya segitu. Karena setelah tali temali pada lure atau minnow ukuran shock leader belum tentu pas sesuai angka tersebut. Selain itu, dia juga menegaskan kembali bahwa:

" Tidak ada panjang leader yang benar atau salah. Saya tipe pengguna leader 2 – 4 feet kisarannya tergantung kegiatan mancing tipe apa yang saya lakukan.

Saya gunakan leader yang lebih pendek ketika mancing dengan umpan buatan supaya knot tidak masuk ke ring guide joran sebab gesekan yang sering terjadi saat melakukan lemparan dapat memperlemah kekuatan knot apapun itu.

Untuk live bait fishing (ngoncer) saya akan menambah panjang ukuran leader 6 – 12 inci. Jadi, saya menggunakan panjang leader minimal 24 atau 26 inci kalau memakai umpan buatan dan 30 inci atau lebih ketika memakai umpan hidup". Dalam situsnya saltstrong Simonds juga menambahkan:

" Walaupun awalnya panjang minimal leader 24 atau 26 inci, saya tentunya akan membiarkannya jadi lebih pendek saat digunakan pasca menali kembali karena ikan merusak tali atau saat perlu gonta – ganti umpan.

Saya biarkan jadi lebih pendek hingga 16 – 20 inci tergantung kejernihan air ( lebih jernih = leader lebih panjang). Ketika pendeknya sudah 13 inci baru mengikat leader lagi dengan panjang 24 atau 26 inci".

Wuih..mancing ternyata ribet ya? Pakai leaderlah, pakai ini – itulah, sudah begitu sampai – sampai dihitung – hitung pula panjangnya. Ya, yang namanya seni memancing mirip – mirip melamar pekerjaan punya rulenya sendiri – sendiri.

Bedanya kalau lamaran kerja tidak sesuai persyaratan bisa ditolak atau tidak diterima kerja. Kalau mancing, entah mau pake ini itu atau tidak, tidak masalah. Kanggo riko lah, kecuali di fishing tournament tidak bisa gitu, bisa didiskualifikasi mengikuti lomba.

Ok. Kita bahas lagi tentang panjang leader. Beberapa angler lebih memilih menggunakan shock leader sepanjang 6 feet atau setara dengan 1.8 meter dan kembali mengikat leader baru setelah berukuran 2 feet atau 61 cm.

Tujuannya supaya leader bisa lebih lama dipakai ketika memutuskan untuk beralih dari umpan yang satu ke yang lainnya tanpa pengait sampai panjang leadernya berkurang hingga 2 kaki atau setelah mencapai 2 kaki baru memakai pengait (tippet) supaya tidak perlu lagi mengikat yang baru.

Ada juga nih angler yang suka pakai leader disesuaikan dengan target ikannya. Misalkan 7.5’ atau 2.3 meter untuk memancing ikan bass dan ikan agresif lainnya. Selain itu, ada juga yang mengatakan kalau panjang leader disesuaikan dengan panjang atau pendeknya joran yang digunakan.

Sementara itu, panjang leader menurut Poveromo dalam situsnya saltwatersportman menyarankan:

Pakailah leader sesuai situasi. Jika casting (mancing) dengan umpan buatan, lure atau minnow atau baited hook. Leader pendek 3 – 4 kaki atau setara 91.5 cm – 1.2 meter akan menambah jarak dan akurasi lemparan.
"Bingung gan, idealnya panjang leader berapa sih?" Memang rada - rada bikin ling - lung sih ya, sebab kurang baik juga kalau kepanjangan atau kependekan. Bukan maksud saya muter - muter atau bikin bingung, tapi sebelum terjawab idealnya berapa, ada beberapa hal yang perlu sobat pertimbangkan:

Keuntungan Memakai Leader Panjang:
  • semakin panjang berarti senar yang tahan gesek dan samar semakin panjang;
  • kalau menggunakan kapal, ikan lebih mudah didapatkan sebab monofilament atau fluoro lebih mudah dipegang;
  • gap atau jarak antara PE dan lure bisa lebih jauh. 

Hanya saja kalau leadernya terlalu panjang, saat senar digulung kemungkinan knot sambungan masuk ke ring guide joran. Ini bisa jadi masalah, yaitu knot sambungan bisa jadi melemah kekuatannya dan merusak keramik ring guide. Selain itu, melempar dengan tali yang menggantung lumayan panjang kurang aman untuk diri sendiri dan orang lain baik di atas kapal atau kondisi lainnya.

Kapan Sebaiknya Memakai Leader Panjang?

  • ketika mancing memakai umpan hidup atau ngoncer;
  • ketika memakai soft plastics lure (umpan plastik yang kenyal - kenyal dan lentur). 

Kemudian, bagaimana dengan leader pendek, apa keuntungan memakai leader pendek?

  • jarak lemparan bisa lebih jauh;
  • knot tidak sampai masuk ke ring guide joran;
  • ketika hendak melempar, tali yang menggantung tidak terlalu panjang; dan
  • lebih aman ketika melakukan lemparan.

Kapan Sebaiknya Memakai Leader Pendek?

  • ketika memakai lure yang tipenya mengambang atau floating seperti lure pencil, popper termasuk suspend lure dan jenis pemikat buatan top water lainnya;
  • ketika memakai spun atau sinking lure.

Panjang Leader Ideal

Simonds dan Poveromo kan sepakat bilang kalau panjang leader sesuaikan dengan situasi. Itu pertama. Kedua, mancing pakai umpan buatan leadernya pendek saja. Cuma ukuran pendek (leader) versi mereka yang berbeda.

Versi Simonds, pendeknya leader kalau pakai umpan buatan seperti lure tipe mengambang atau top water (lure suspend, pencil, popper atau mini popper atau pencil popper) dan spun adalah 24 - 26 inci, sedangkan versi poveromo pendeknya leader kalau pakai umpan buatan, lure atau minnow atau baited hook 91.5 cm - 1.2 m. Nah, sekarang bagaimana?

Sesuaikan panjang leader dengan panjang joran sobat. Kalau joran panjangnya kurang dari atau hanya 2 meter dan casting pakai lure tipe top water, pakai leader dengan panjang awal 24 atau 26 inci. Sampai panjangnya sama atau kurang dari 13 inci baru ikat lagi yang baru atau bisa juga pakai tippet atau pengait supaya tidak perlu mengikat leader lagi.

Sementara kalau joran panjangnya 2 meter lebih atau hampir 3 meter dan casting memakai umpan buatan, pakai leader dengan panjang awal 91.5 atau 1.2 meter. Dengan begitu sobat bisa dapat keuntungan memakai leader pendek versi Simonds dan Poveromo.

Ukuran pendek leader versi Poveromo boleh dibilang panjang. Jadi keuntungan memakai leader panjang juga bisa didapat asal jorannya juga panjang.

Bagaimana dengan Leader Jigging, Panjangnya Berapa?

Untuk mancing casting (jigging) kan tidak perlu melakukan lemparan. Tinggal mengulur senar secara vertikal lalu menggulung. Jadi, ketika knot sambungan tidak sampai masuk ke ring guide joran saat menaikkan ikan ke kapal atau perahu maka panjang leader jigging sobat boleh dibilang ideal.

Sebab knot dengan kekuatan 100% itu mitos, kata Simonds.

Bagaimana, masih bingung? Kalau memang masih bingung, sobat pakai saja dulu ukuran panjang leader yang menurut sobat sendiri ideal. Sobat akan mengalaminya sendiri dan lambat laun akan memahaminya.

Baik, cukup sekian dulu ya pembahasan kita tentang panjang shock leader. Kalau tidak mau ribet mikirin ini itunya, cukup pikirkan yang penting bisa strike dan ikan bisa dinaikkan ke darat. Sampai di rumah ikan dibersihkan, lalu digoreng atau ditumis atau dimasak kuah biar enak.😁

Kesimpulan

Memakai shock leader saat casting (memancing) di laut penting untuk meningkatkan efektivitas, sensitivitas dan performa tackle set ul ketika strike dan dalam mengalahkan ikan. Tidak ada justifikasi salah atau benar mengenai kisaran panjang atau pendeknya ukuran shock leader.

Ada yang suka memakai leader berukuran panjang karena memang mereka suka atau percaya itulah yang tepat untuk digunakan. Untuk beberapa alasan, beberapa angler juga menyesuaikan panjang leadernya menurut situasi, panjang joran dan jenis atau ikan yang dijadikan target incarannya.

Konsep yang perlu direnungkan adalah setiap angler itu unik. Kenapa begitu? Sebab mereka punya metode atau caranya sendiri – sendiri yang mereka yakini dan cocok mereka terapkan atau sesuai untuk diri mereka sendiri.

I Gede Suta Kastawan
I Gede Suta Kastawan Blogger dan Angler Morowali. Pengelola blog mancingasik.com

18 komentar untuk "Berapa Panjang Shock Leader yang Tepat untuk Casting?"

  1. H keren ini penjelasannya. Thanks oom. Semoga jadi amal jariyah ilmunya. Aamiin

    BalasHapus
  2. Terimakasih omm,ntk berbagi ilmu,pengalamannya,insya alloh saya coba apa yg omm utarakan ntk tutorialnya mudah2an josss,terimakasih sehat sllu ya omm...

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas penjelasannya skrng jd paham Suksess sll Bos

    BalasHapus
  4. Terima kasih om penjelasannya mambantu sekali 👍👍

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat...ijin cipasung dan sher..

    BalasHapus
  6. Terimakasih ilmunya om👍👍

    BalasHapus
  7. Mantap nih pejelasannya.. Nambahilmu utk pemula..

    BalasHapus
  8. Makash infonya sangat membantu u pemula....🙏🙏

    BalasHapus
  9. Keren dan bermanfaat sekali artikelnya om... Terutama utk pemula seperti saya...
    Versi videonya ada ga nih om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih.. Untuk versi video admin belum ada, belum mampu beli action camera. Untuk itu admin mohon ampun😂

      Hapus

* Silakan berkomentar sesuai topik;
* No SPAM atau sejenisnya please:)